Sunday, November 3, 2013

Menggunakan Flash Disk di HP Android



Menggunakan Flash Disk di HP Android - Memang tidak pernah bosan kalau membahas tentang android. Sistem operasi yang satu ini benar-benar memanjakan para penggunanya untuk memodif dan melakukan pengembangan sendiri terhadap perangkat mereka. Itu karena memang sistem operasi ini bersifat open source.

Kali ini saya akan menunjukan kepada kalian, bagaimana sebuah Flash Disk dapat digunakan sebagai alternatif ruang penyimpanan selain SD card tentunya. Bagi kamu yang tidak mempunyai komputer atau pc dirumah, cara ini layak kalian coba sebagai sebuah alternatif yang paling masuk akal bila ruang penyimpanan perangkat android kalian mulai habis.



Lalu apa saja yang kalian butuhkan agar dapat menghubungkan sebuah Flash Disk ke perangkat android kalian?


1. Sebuah kabel USB OTG (“On the Go”)


Kabel ini adalah kabel USB dengan male connector dibagian depan dan female port dibagian lainnya. Harganya berkisar antara 30 ribu rupiah.

2. Android yang sudah di root (rooted phone)


Bagaimana cara menghubungkannya?


1. Install StickMount dari Google Play market.

2. Hubungkan kabel USB OTG ke perangkat android kalian.


4. Check “use by default” dan tekan OK ketika pops up window muncul dan memerintahkan “Open StickMount when this USB device is connected.”

5. Berikan hak akses Superuser kepada StickMount ketika diminta. Set ke always have superuser access.

Setelah sukses terhubung, kamu akan melihat notifikasi dari StickMount yang memberitahukan seperti ini “Active mounts: /sda/usbStorage/sda1″ sebagai pemberitahuan bahwa USB kamu siap digunakan.

6. Buka File Manager. Sebagai saran, saya rekomendasikan Astro File Manager.
.
7. Lihat ke folder USB storage. Dalam Astro File Manager, kalian dapat masuk ke USB dengan menekan “usbdisk” dari main menu.

8. Copy, hapus, pindahkan atau buka file yang dibutuhkan. Seperti halnya pada PC. Kalian juga dapat memutar video yang tersimpan dalam USB Flash Disk tersebut.

Selamat Mencoba. Semoga tutorial ini berguna bagi kalian.